Wednesday, April 25, 2007

Pentingnya Mematikan Ponsel di Pesawat

Seseorang pernah bercerita, dia melihat seorang pramugari maskapai penerbangan asing membentak garang seorang penumpang gara-gara Ia masih saja sibuk mengucapkan salam perpisahan melatui ponsel. Sang pramugari bermuka galak Itu bahkan sampai mengancam akan menyeret penumpang tersebut ke polisi.
Walaupun belum ada hukum resmi yang dapat memenjarakan penumpang yang memakai ponsel dl pesawat, namun tindakan tersebut sebenarnya sudah blsa dianggap sebagal tindak pidana karena dapat membahayakan kesetamatan penumpang.
Reaksi pramugari itu tidaklah berlebihan. Ia dan juga awak pesawat lainnya memiliki alasan kuat mengapa mereka tidak bosan-bosannya mengingatkan penumpang untuk mematikan ponsel selama di pesawat. Hal ini karena kerja pesawat banyak bergantung pada gelombang radio. Sebut saja fungsi komunikasi dengan menara kontrol, navigasi, dan pengaturan udara di dalam kabin. Gangguan gelombang radio yang berasal dari ponsel dapat mengacaukan fungsi-fungsi ini dan dapat berakibat fatal. Civil Aviation Authority di Inggns mencatat sebanyak 35 insiden keselamatan penerbangan yang berkaitan dengan penggunaan ponsel pernah terjadi sepanjang Maret 1996 dan Februari 2002. Selain itu.
NASA juga pernah menganalisis 118 kasus yang berhubungan dengan penggunaan personal electronic devices di pesawat terbang. Laporan NASA yang dirilis bulan Juni 2001 itu menyimpulkan bahwa 25 kasus antaranya ternyata berkaitan erat dengan penggunaan ponsel dan 16 diantaranya tergolong kasus yang parah.
Pemakai ponsel mungkin tidak menyadari bahwa dalam keadaan standby pun ponsel tetap dapat memancarkan sinyal elektromagnetis. Sinyal ini berfungsi untuk memberitahu komputer di jaringan telepon selular bahwa ponsel dalam keadaan aktif. Sinyal itu akan semakin kuat ketika pemancar di base terminal station (BTS) berkomunkasi dengan ponsel untuk menyampaikan panggilan atau mengirimkan pesan singkat (SMS).
Padahal setelah pesawat tingga landas dan mendekati cruising altitude, ponsel tidak akan dapat berfungsi karena jarak dan BTS ke pesawat terlalu jauh. Selain ttu, pesawat bergerak teralu cepat sehingga sebelum ponsel terdeteksi dan terdaftar di salah satu sel jaringan ponsel, ia sudah meninggalkan area jaringan tersebut bersama laju pesawat. Akibatnya ponsel yang aktif akan terus menerus memancarkan sinyal elektromagnetis yang beresiko mengganggu berbagai peralatan penerbangan.
Oleh karena itu matikan dan lupakan ponsel barang sejenak begitu akan masuk ke pesawat. Jangan pula buru-buru menyalakan kembali ponsel sampai Anda melangkah keluar pesawat.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home

Compare Learning Toys
Compare and Save

Science Kits

Dinosaurs

Globes

Microscopes